Tuesday 27 December 2016

Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Cara Ampuh Mengingkatkan Jumlah Pengunjung Blog - Sudahkah anda membuat blog? Sudahkah anda mengisinya dengan postingan-postingan yang menarik dan bermanfaat bagi pengujung? Lalu gimana hasilnya? Apa pengujungnya sudah sesuai dengan apa yang anda harapkan? Situs atau blog anda sepi pengujungnya?


Wahhh... kalau iya, berarti sia-sia dong perjuangan Anda selama ini sebagai blogger. Tapi tenang saja jangan khawatir, sebenarnya masalah ini bisa diatasi asalkan kita cerdik dan pintar dalam mencari celahnya.  Nah, tujuannya dibuat postingan ini adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog anda. Jika anda melakukannya secara teliti, saya jamin blog anda akan ramai pengujungnya.

Nyok, kita uraikan sama-sama gimana sih cara meningkatkan jumlah pengunjung blog, agar blog yang baru saja kita buat itu bisa laku keras dengan banyaknya pengunjung yang mendatangi blog kita.

Langsung aja yuk biar cepet ...

1. Buat Desain Template Blog Semenarik Mungkin
Desain blog yang menarik tentu akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pengujung yang melihatnya. Buatlah sebuah desain tata letak blog yang sederhana, tetapi nyaman untuk dilihat pengunjung. Jangan terlalu banyak memasang embel-embel blog, agar pengunjung kita tetap merasakan kenyamanan saat membaca. Sebab, inti dari sebuah blog adalah kenyamanan pada saat membaca bukan? Jadi, sekali lagi ditekankan jangan terlalu banyak menampilkan pernak-pernik yang tidak dibutuhkan dalam blog kita.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pastikan navigasi, warna dan elemen-elemen dalam blog tidak error, dan juga hindari broken link (link rusak).  Untuk itu pilihlah Template Blog Responsive dan SEO Friendly

2.  Aktifitas Posting
Aturlah aktifitas postingan secara teratur agar pengujung kita lebih senang dalam mengunjungi blog kita. Hal ini sangat penting karena setiap pengunjung selalu ingin mendapatkan perkembangan mengenai informasi terbaru dalam blog kita. Jika blog kita jarang diupdate, ini akan memberikan suggesti negatif bagi para pengunjung yang menganggap jika blog kita tidak terawat dan membuat sang pengujung enggan untuk mengunjunginya lagi. Jadi sebelum banyak pengujung yang lari , maka lakukanlah beberapa langkah perbaikan. Apa saja itu? Misalnya dengan rajin memberikan postingan paling tidak minimal tiga hari sekali, agar blog kita selalu terjaga ekstensinya di mata pengujung dan selalu update.

3. Berikan Postingan yang Berkualitas dan Semenarik Mungkin
Yap, ingat dan selalu ingat pepatah berikut ini 'content is the king!' Jadi postingan dalam blog kitalah yang menentukan sagalanya. Bisa diibaratkan postingan adalah nyawa dalam blog kita. Jika pengunjung untuk pertama kalinya melihat postingan kita dan langsung kagum dengan kualitasnya, maka akan membuat mereka merasa tertarik untuk membaca hingga selesai dan tak kalah penting sang pengujung akan selalu mengunjungi, mengunjungi, dan selalu mengunjungi blog kita setiap hari. Akan tetapi, bisa dibayangkan bila blog kita memiliki kualitas postingan yang rendah, apalagi hasil dari copass wahhh .... >_< , tentunya hal ini akan membuat pengunjung menjadi tidak nyaman dengan blog kita dan tidak akan mau datang kembali ke blog kita. Wahhh, begitu vital bukan peranan sebuah postingan. Untuk itu, mulailah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas postingan dalam blgog kita dengan mencari banyak referensi, pendapat ahli yang lebih berkompeten terhadap suatu bidang tertentu yang sedang kita tulis.

"Hasil copas boleh-boleh saja, akan tetapi ada baiknya jika kita merubah kalimat-kalimat yang ada dengan bahasa kita sendiri. Dan jangan lupa untuk sertakan / memberikan link sumber dari hasil copasan anda tersebut. Dengan begitu anda akan terlihat lebih Profesional dan disamping itu anda akan semakin terlatih untuk menjadi seorang penulis yang hebat."

4. Mendaftarkan Blog ke Search Engine
Seperti yang telah kita ketahui, jika Search Engine memiliki peranan penting yang besar dalam mendatangkan pembaca untuk mengunjungi blog kita. Sebagian besar pengunjung datang dari Search Engine yang akan mereka cari bukan ? Lalu, apa jadinya jika blog yang sudah kita buat dan kembangkan dengan susah payahnya tidak kita daftarkan dalam Search Engine?

Wahhh, tentu kerugian besar untuk kita bukan ? Untuk itu Anda perlu mendaftarkan blog Anda agar terindeks oleh Search Engine dan apapun postingan Anda yang sudah dipublikasikan akan mudah dicari oleh banyak orang. Anda bisa submit blog kebeberapa Search Engine yang terkenal. Salah satunya Webmaster.

5. Cantumkan ke Situs Jejaring Sosial
Jika Anda memiliki akun di situs jejaring sosial yang cukup populer seperti Facebook dan Twitter, tidak ada salahnya untuk mencantumkan alamat blog Anda pada profil dalam akun tersebut. Mengapa demikian? Hal ini berguna sekali dalam menginformasikan blog yang kita miliki kepada teman-teman kita.

6. Ikuti Forum
Bergabunglah dalam sebuah komunitas/forum diskusi yang membahas topik permasalahan yang sama dengan tema blog kita. Jika kita mampu menjadi anggota yang berkompeten di dalamnya, bukan tidak mungkin orang akan sering mengunjungi blog kita.

Bagaimana bisa?

Yapp, bagaimana jika kita melihat ada seorang yang mahir dan berkompeten dalam sebuah forum. Setiap ada pertanyaan selalu dijawab komentar yang memuaskan. Postingan dalam sebuah forum juga amat bagus. Tentu kita berfikir jika orang tersebut dapat diandalkan bukan? Nah, dengan kepercayaan kita terhadap inilah yang nantinya akan membawa kita secara sukarela untuk mengunjungi blog miliknya tanpa ada paksaan untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu yang lebih.

7. Tingatkan Blogwalking dan Komentar
Jangan lupa untuk mengunjungi blog milik orang lain dan meninggalkan komentar bermutu di setiap postingan mereka. Biasanya orang akan terpengaruh oleh komentar bermutu yang kita berikan untuk dapat mengunjungi blog kita.

Dan ingat, jangan memberikan spam terhadap komentar yang kita berikan tersebut.

8. Beritahu Teman Kita Secara Offline
Selain promosi yang bersifat online, memberitahukan teman kita secara langsung bahwa kita memiliki sebuah blog juga merupakan sebuah langkah promosi yang bagus. Seringkali teman kita menengok seperti apa bentuk dari blog yang kita beritahukan tersebut. Jika ternyata memang bagus, maka tidak menutup kemungkinan jika teman kita pun akan menjadi salah satu pengunjung tetap kita nantinya dan mereka mungkin akan memberitahukan kepada teman mereka yang lain, bahwa blog yang kita miliki mempunyai sebuah content yang bagus didalamnya.

Hal ini tentunya sangat berpengaruh besar dalam mengingkatkan jumlah pengujung bukan?

9. Domain Sendiri
Menggunakan nama domain sendiri akan membuat blog Anda terlihat lebih Profesional, misalnya http://DomainKamu.com (Walaupun saya sendiri belum menggunakannya :D). Banyak penyedia domain dengan harga yang terjangkau dan dapat berkolaborasi dengan blog Anda itu. Anda tidak harus membeli paket hosting, karena banyak sekali penyedia layanan hosting yang dapat Anda gunakan secara cuma-cuma alias gratis.

10. Meta Keywords
Edit Template blog Anda dengan memberi meta keyword pada title, keywords, dan descriptions. Ini sangat berguna untuk SEO.

11. Link Internal
Berilah link pada postingan Anda antara satu dengan yang lain yang mempunyai topik yang sama. Anda bisa gunakan anchor text yang relavan agar hasilnya lebih maksimal untuk SEO.

12. Dummy Blog
Buat blog-blog baru untuk mendukung blog utama kita. Beri link menuju blog utama di blog-blog tersebut. Selain mendapatkan backlink untuk SEO, diharapkan pengunjung yang datang ke blog-blog dummy Anda tersebut dapat dikenalkan ke blog utama Anda.

13.Tagging Image
Memberikan identitas / nama pada gambar atau image di dalam postingan. Ini berguna agar image Anda terindex oleh Search Engine.

14. Gosip Terupdate
Tulis sesuatu yang sedang tren, gosip terbaru dan terhangat atau sesuatu yang berbau kontroversial. Pastikan optimasi keyword untuk tulisan tersebut tepat, maka dengan itu blog Anda berpotensi ramai pengunjung dari Search Engine.

15. Belajar SEO
Untuk mendapatkan traffic pengunjung yang banyak dari Search Engine, SEO mutlah diperlukan. Perdalam kemampuan optimasi content dengan belajar SEO ke blog-blog yang sudah tenar dan terbukti kehebatan ilmu SEO-nya.

16. Maksimalkan Google
Gunakan layanan yang diberikan oleh google secara maksimal seperti google webmaster tools, google analytic, maupun google alert untuk mempermudah terindex oleh google dan membantu memonitoring perkembangan blog Anda.

17. Sesuatu yang Baru
Tulis sesuatu yang baru dan jarang diangkat blog lain. Tulisan Anda akan lebih mudah masuk Search Engine Result Page (SERP) dan terlihat lebih orisinil.

18. Berkomentar pada Blog yang Dofollow
Tentu ini merupakan promosi blog yang paling mudah, karena hanya memberi komentar pada blog yang kita kunjungi kita bisa dapat backlink. Cari blog yang ber PR tinggi, kemudian beri komentar dan jangan terlalu sering karena bisa dianggap spam. Beri komentar yang baik-baik, jangan terlalu banyak mengkritik postingan yang empunya blognya :D , apalagi sampai menghina karena komentar Anda bisa-bisa dihapus dan di blacklist sama yang punya blog.

Wahhh, banyak sekali bukan... ?

Yaa, memang seperti itu jadinya bila kita ingin mengingkatkan jumlah pengunjung pada blog kita. Asalkan kita bisa cermat dan teliti dalam memperhatikan dan mencermati faktor-faktor pendukung lainnya demi hasil yang memuaskan.

Coba lakukan salah satu langkah yang sudah saya berikan diatas, agar blog yang kita miliki semakin terkenal dan dikenal luas oleh masyarakat. Hingga akhirnya akan ada banyak pengunjung yang mendatangi blog kita nantinya.

Semoga langkah-langkah diatas dapat bermanfaat untuk blog Anda kedepannya. Terima Kasih.

2 comments

Makasih banyak gan, cocok banget buat saya pemula di blog..

sama-sama gan, makasih atas kunjungannya :D

Kepribadian yang baik terlihat dari komentar yang baik pula

Mohon maaf bila postingannya ada yang kurang paham atau tidak di mengerti.
EmoticonEmoticon